Kenali Gejala-gejala Awal Penyakit Usus Buntu

Kenali Gejala-gejala Awal Penyakit Usus Buntu

Penyakit radang usus buntu memang sudah tidak asing lagi didengar oleh masyarakat umum. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa. Biasanya penyakit usus buntu akan merasakan sakit yang luar biasa pada bagian tertentu di perut. Usus buntu merupakan sebuah organ yang berada di dalam perut manusia. Banyak orang menyebut usus buntu sebagai organ sisa yang ada di perut. Namun ada sebuah penelitian yang mengatakan bahwa usus buntu adalah tempat bersarangnya bakteri.

usus buntu

Lalu apa sebenarnya penyakit usus buntu itu? Penyakit ini diakibatkan oleh peradangan pada usus buntu manusia, terjadi penyumbatan yang dikarenakan oleh adanya benda keras pada tinja. Namun bisa juga terjadi infeksi pada usus buntu, sehingga cabang getah bening menjadi bengkak. Apabila usus buntu tidak segera ditangani, maka bisa pecah hingga mengakibatkan peradangan serta mengeluarkan nanah. Mengerikan bukan?

Pertanyaan umum yang sering muncul, bagaimana gejala awal penyakit usus buntu tersebut? Memang mengetahui langkah awal lebih baik untuk melakukan pencegahan, daripada usus buntu semakin bertambah parah. Berikut ini merupakan beberapa gejala awal yang biasanya muncul pada orang yang terjangkit penyakit usus buntu.

Demam

Orang yang terkena penyakit usus buntu bisa terserang demam, tidak hanya rasa sakit pada bagian perut saja yang muncul. Biasanya jika keadaannya semakin parah, maka gejala demam juga akan semakin bertambah tinggi.

Pusar terasa sakit

Gejala awal yang biasanya terjadi ialah rasa sakit pada bagian bawah pusar, biasanya juga terasa muncul perasaan kurang nyaman.

Diare

Selain demam, orang yang terkena usus buntu juga bisa terserang diare. Penyakit usus buntu menyerang perut, misalnya saja sakit perut dan diare.

Terasa kembung atau sering buang gas

Gejala selanjutnya ialah perut terasa kembung, bahkan sering buang gas. Awalnya memang biasa saja, namun kembung dan buang gas disertai dengan rasa sakit di perut bagian bawah.

Merasa mual dan muntah

Apabila Anda sering merasa ingin mual, bahkan muntah, sebaiknya langsung periksa ke dokter untuk memastikan apakah penyebabnya usus buntu atau bukan. Biasanya mual dan muntah yang berlangsung cukup lama, seperti 12 jam lebih belum berhenti, bisa disebabkan oleh penyakit ini.

Perasaan sakit pada bagian perut

Cara mudah untuk mengetahui apakah Anda terserang penyakit usus buntu atau tidak ialah dengan cara menekan bagian bawah kanan perut. Apabila setelah ditekan terasa sakit, maka bisa jadi Anda terkena penyakit usus buntu.

Beberapa ciri di atas merupakan gejala-gejala awal penyakit usus buntu yang perlu Anda waspadi. Jika Anda merasakan salah satu atau bahkan lebih gejala di atas, sebaiknya Anda segera pergi ke dokter untuk memastikan apakah Anda memang benar-benar terserang usus buntu. Jangan sampai semuanya terlambat, lebih baik mengambil langkah awal daripada terlanjur bertambah parah.