Ini Penyebab Usus Buntu Kronis dan Pecah

Ini Penyebab Usus Buntu Kronis dan Pecah

Usus buntu merupakan salah satu organ yang sampai saat ini belum diketahui secara pasti fungsi dan kegunaanya pada tubuh. Apabila organ ini diangkat, maka kesehatan Anda masih tetap terjaga. Letaknya yang berhubungan langsung dengan usus besar, di mana tinja terbentuk. Meski begitu, masalah akan menjadi serius jika Anda mengalami gangguan pada organ ini, misalnya pembengkakan atau peradangan. Sebab mampu memicu komplikasi serius.

usus buntu

Penyakit usus buntu (apendisitis) biasa diidap oleh para remaja. Namun bukan berarti para dewasa bebas, hanya saja lebih sedikit kemungkinan resikonya. Lalu apa saja penyebab usus buntu? Penyebab utama usus buntu adalah penyumbatan pada arah masuk bagian usus buntu yang disebabkan oleh beberapa hal, antara lain:

  1. Tinja

Kotoran makanan (tinja) atau limbah makanan yang letaknya memblokir jalan usus buntu. Hal ini mampu memicu terjadinya peradangan.

  1. Pembengkakan kelenjar getah bening

Dinding usus yang mengalami infeksi saluran. Adanya pembengkakan tersebut, sehingga terjadi inflamasi yang mampu memicu usus buntu yang pecah.

  1. Infeksi

Salah satu virus penyakit menular yang mampu menjadikan penyakit usus buntu adalah gastrointestinal. Perkembangan yang cepat sehingga menyebabkan peradangan. Akhirnya terjadi inflamasi dan penuh nanah. Jika membiarkannya, lama kelamaan usus buntu menjadi parah dan akhirnya pecah. Solusinya dengan melakukan operasi. Bahkan ketika usus buntu tersebut pecah, tubuh akan berusaha melakukan penyumbuhan sendiri. Sayangnya hal ini juga memicu komplikasi abses.

  1. Tipisnya dinding usus buntu

Penyebab usus buntu adalah karena semakin tipisnya dinding usus buntu. Biasanya disebabkan oleh angin atau gas yang berhasil masuk ke dalam usus, namun tidak dikeluarkan sebagai kentut. Kebiasaan menahan ini malah membuat kentut kembali ke usus buntu lagi, dan susah untuk dapat keluar.

Itu tadi beberapa penyebab penyakit usus buntu yang bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Mulai dari sekarang sebaiknya Anda mulai menjaga diri dari gaya hidup sehari-hari.