Ini Macam-macam Penyakit Usus yang Bisa Menyerang

Ini Macam-macam Penyakit Usus yang Bisa Menyerang

Usus merupakan salah satu bagian dalam proses pencernaan yang berguna di dalam penyerapan air, natrium, maupun vitamin yang akan larut di dalam lemak. Kebersihan dan kesehatan usus harus dijaga agar tidak terkena penyakit. Salah satunya dengan cara detoksifikasi. Apa itu detoksifikasi? Detoksifikasi adalah lintasan metabolisme yang mengurangi kadar racun di dalam tubuh dengan penyerapan, distribusi, biotransformasi, dan ekskresi molekul toksin. Lalu apa saja penyakit yang dapat menyerang usus? Berikut ini merupakan beberapa penyakit yang dapat menyerang usus pada tubuh manusia.

penyakit usus

Penyakit radang usus buntu (Appendicitis)

Penyakit ini umumnya disebabkan oleh beberapa hal seperti infeksi bakteri. Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan radang usus buntu, antara lain penyumbatan (obstruksi) pada lapisan saluran (lumen) appendiks oleh timbunan tinja atau feses yang keras (fekalit), hyperplasia (pembesaran) jaringan limfoid, penyakit cacing, parasit, benda asing yang ada di dalam tubuh, cancer primer, dan striktur. Dari beberapa faktor di atas, yang paling kuat dugaannya sebagai faktor penyebab penyumbatan ialah tinja atau feces serta hyperplasia jaringan limfoid. Selain itu, orang yang mengalami penyakit cacingan juga dapat menimbulkan penyakit radang usus buntuk karena cacing bisa bertenak di dalam usus besar yang kemudian masuk ke dalam usus buntu. Cara penanganan penyakit ini ialah dengan cara dilakukan operasi.

Penyakit usus inflamartorik

Inflamartorik merupakan salah satu penyakit yang menyerang usus. Beberapa gejala yang sering ditimbulkan oleh penyakit ini antara lain demam, anoreksia, penurunan berat badan, diare, perut terasa tidak nyaman, merasa terdesak ingin buang air besar, hingga pendarahan rektal.  Penyakit ini cukup kronis dapat mengganggu penderitanya. Cara menanganinya ialah dengan cara melakukan pembedahan secara berulang.

Sembelit

Sembelit atau susah buang air besar merupakan penyakit di mana usus tersumbat. Penyakit ini diakibatkan karena kurangnya kandungan serat di dalam makanan, usus besar terkena racun, dan sering menahan buang air kecil maupun besar. Beberapa penyebab tersebut membuat otot maupun urat saraf di usus besar maupun perut menjadi kurang berkoordinasi. Sehingga pergerakan pembuangan pun menjadi abnormal.

Kanker usus besar atau kanker kolon

Kanker kolon terjadi karena tumbuhnya sel kanker pada daerah sekitar kolon. Sel-sel kanker yang tumbuh tersebut bernama polip. Awal pertumbuhannya, polip memang tidak menimbulkan gejala. Namun polip kemudian membesar dan dapat menimbulkan kanker kolon. Sehingga penderita pun menjadi sulit untuk diselamatkan. Biasanya penyakit ini menyerang pria maupun wanita yang memiliki usia sekitar 48 hingga 85 tahun.

Radang usus besar

Radang usus besar atau Colitis merupakan penyakit penyakit yang timbul karena sembelit berkepanjangan, keguguran pada wanita, dan perasaan gelisah yang terlalu berlebihan. Jika ketiga aspek tersebut dialami, maka zat organik yang ada di dalam tubuh dapat berkurang. Padahal zat tersebut berguna untuk melancarkan usus besar. Radang usur besar dapat muncul pada lapisan permukaan usus besar maupun di area dubur. Namun bisa juga muncul pada keduanya.

Itu tadi merupakan penyakit-penyakit yang bisa muncul pada usus. Agar tidak terserang penyakit-penyakit tersebut, sebaiknya cegah dengan beberapa cara seperti memperhatikan cara mengolah makanan, jangan makan makanan mentah, membiasakan cuci tangan sebelum dan sesudah makan, olahraga teratur, istirahat yang cukup, minum yang cukup, memperhatikan kandungan gizi yang ada pada makanan, serta jangan pernah menahan rasa ingin buang air. Jika semua cara tersebut sudah dilakukan, Anda akan terhindar dari ancaman penyakit pada usus.

pencarian terselubung :